Minggu, 23 Februari 2014

Menulis Latar Cerita


NYAKARIFDivisi kaderisasi Forum Lingkar Pena Aceh kembali melaksanakan kelas menulis. Kali ini mengambil tema “Trik jitu menulis dengan detail tanpa perlu pergi ke negara yang mejadi latar cerita”. Pematerinya langsung didatangkan dari Takengon, Aceh Tengah, Sayid Fadhil Asqar yang sudah pernah mengelilingi 18 negara sebelum berumur 27 tahun. Kelas menulis ini dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2014 dari jam 09.00-12.00 WIB.
Kelas menulis sudah menjadi agenda rutinan FLP Aceh. Peserta kelas menulis hadir dari berbagai kalangan. Tidak hanya untuk anggota FLP saja, tetapi terbuka untuk umum. Sebagai pengembangan ilmu bagi anggota-anggotanya, juga sebagai wadah menciptakan kekeluargaan.
Dalam pemaparannya selaku pemateri Sayid Fadil Asqar menjelaskan bahwa menulis tentang suatu daerah yang belum pernah dikunjungi bukanlah hal yang sulit dibayangkan. Kita dapat saja memanfaatkan informasi-infomasi pendukung tentang tempat yang akan ditulis. Misal memperbanyak menonton film, mewawancarai orang-orang yang sudah pernah ke tempat tersebut atau bisa juga dengan searching di blog-blog yang khusus membahas tentang travelling.

Untuk konkritnya trik tersebut dapat ditempuh melalui 5 trik detail. Pertama, gambaran letak kondisi geografis. Kedua, penggunaan nama, tempat atau istilah-istilah lokal. Ketiga,  pendeskripsian dari tempat tersebut. Keempat, hal-hal spesifik yang bisa jadi kebiasaan, perilaku, atau, atau budaya lokal yang menjadi ciri-ciri tempat itu. Kelima, historikal daerah yang menjadi objek tempat yang akan ditulis. [mr]

Tidak ada komentar:

Kata Saya

"Jabatan hanya persoalan struktural. Persahabatan selamanya."