Rabu, 22 Juni 2016

Dunia Blogging Seperti Apa?

pixabay.com
Senyum meriah khasnya Fardelyn Hacky mengawali kelas menulis Minggu pagi 28 Februrari 2016. Hari itu, kelas menulis yang dilaksanakan di kantin Kasadar Unsyiah, berisikan tentang dunia blogging seperti apa? Tema yang diangkat khusus untuk membahas apa menariknya berkecimpung dalam dunia blog. Eky – sapaan akrabny a– berujar saat seseorang memutuskan menjadi blogger harus memiliki alasan dan tujuan yang pasti.
“Hal pertama yang harus kita tentukan saat membuat blog adalah apa yang ingin dicapai dan apa yang akan dilakukan jika itu berhasil dengan target capaian tadi,” sebut Eky mengawali kelas.
Maka, katanya lagi, ketika telah ada tujuan, dibutuhkan juga tahapan yang harus mulai dilakukan blogger. Diantaranya  memilih topik yang sesuai dengan bidang kesukaan, dibutuhkan juga pemahaman yang memadai  terhadap bidang tertentu.
“Langkah kedua saat memulai ngeblog, ya, memilih sebuah nama. Nama blog juga bisa dengan nama sendiri, dan ini sangat bagus untuk branding diri.”
“Sementara langkah ketiga, adalah memulai menulis dengan nyaman dan konsisten!”, tegasnya.
Selain memaparkan langkah ngeblog, ibu dari Abel itu juga memberikan tips ngeblog bagi pemula. Salah satunya dalam slide yang ditampilkan yaitu free write.
“Tulis apa yang kamu pikirkan. Jangan memikirkan apa yang kamu tulis. Ini yang menjadikan penghambat blogger, akhirnya malas, buntu ide. Makanya, solusi terbaiknya adalah rajin membaca,” sebut istri dari Salmi Syarif ini lagi.
Eky yang hari itu memakai baju oren muda sangat sepadan dengan hijab dengan warna oren tua, katanya tips berikutnya bagi blogger perlu sering-sering blogwalking (BW) artinya sering mengunjungi blog orang lain, dengan ini dapat menaikkan rating blog dan orang lain juga tahu alamat blog kita. Namun, sebaiknya tidak membanding blog kita dengan blog orang lain.
“Selain itu, konsistenlah dalam menulis, jadilah dirimu sendiri, dan paling penting adalah blog kita memberikan kesan bagi pembaca,” Eky menyebutkan tips terakhirnya.



Mantan Ketua FLP Aceh 2005-2006 itu juga mengatakan, ada hal yang harus diperhatikan dalam dunia blogging. Dan hal ini terkadang menjadi alasan yang tidak baik, sebenarnya.
“Contohnya selalu berkata tidak ada waktu, malas memulainya dan selalu beralasan tertentu sehingga benar-benar menghambat memulai ngeblog.”
Jika berlaku demikian, katanya akan menghambat seorang blogger terjun dalam blogging nowadays. Eky mengajak peserta yang kebanyakan blogger pemula dan bahkan ada yang sudah memiliki buku dari ngeblogjuga memenangkan lomba blog nasional, untuk memperhatikan slide berikutnya, Eky membahas tentang blog nowadays. Eky hari itu ingin membuka mata bahwa, dunia ngeblog masa kini tidak melulu soal curhat, ada nilai lebih tentang informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat.
“Kita kan kayak citizens reporter ya, artinya masyarakat tidak terlalu butuh tentang masalah pribadi yang kitashare di blog.”
Alumnus Fakultas Keperawatan Unsyiah itu juga berujar, dengan mudahnya akses internet saat ini, semua orang dapat mempublikasikan tulisannya, tidak adanya hambatan berarti, akses internet juga memudahkan publikasi dan harganya lebih murah, ketimbang publikasi dengan cetak.
“Kelebihan ngeblog lainnya bisa mendatangkan uang. Bila blog banyak dikunjungi, berpotensi bisa ada orang yang akan pasang iklan. Atau iklan dari google-nya langsung.”
Seperti diketahui, jika sebuah blog telah ada google adsence, akan secara otomatis, iklan dari produk-produk luar akan berada pada blog pribadi. Google adsence diberikan jika blog sudah ramai dikunjungi pembaca.
Menyangkut tentang banyaknya bidang yang dapat dibahas dalam blog. Mulai dari politik, hukum, kesehatan, psikologi, keluarga, pendidikan dan lainnya, saya yang menjadi salah satu peserta hari itu juga menanyakan:
“Tapi saya takut juga bahas hal-hal yang belum saya pahami, takutnya saya dilabeli oleh pembaca sebagai penulis yang tahu banyak hal, istilah sekaranganya, sok tau semua hal. Apa yang harus saya lakuka jika begitu?”, tanya saya kepada Eky.
Maka penting kata Eky, blogger juga dianjurkan mengikuti lomba blog. Jika ikut lomba blog, bila ada bidang yang tidak dipahami, bisa diinisiasi dengan bacaan tentang bidang tersebut, dan tidak ada salahnya membaca pemenang lomba tahun sebelumnya.
“Kalo lomba yang jurinya wartawan, kebanyakan lebih dinilai kontennya, bukan pada gambar. Ditambah lagi punya banyak waktu menulis dan menulis cepat, ini dua hal yan sangat beruntung jika dimiliki penulis,” beber Eky yang sudah memulai ngeblog sejak 2005 silam, semasa jaya-jayanya multiply.
“Jika ada banyak topik yang akan dibahas, bisa dibuatkan dala bentuk sub topik, jadinya tulisan ngak terlalu panjang dan ngak bercampur-campur. Ini tidak hanya saat mengikuti lomba blog, tapi hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia blogging.”
Sebenarnya, jika boleh dikira-kira, kata Eky, katanya ada ‘mazhab’ tertentu yang ‘dianut’ seorang blogger. Ini ditinjau dari hasil survey kecil-kecilan yang dilakukannya, setelah memperhatikan para blogger lain atau teman dekatnya. Sebut saja ‘mazhab’ curhat only blogger, idealist blogger, google adsence (GA), blogger, idealits + google adsence blogger hingga high level SEO tecniques + coding + GA blogger.
“Kalau teman-teman mau tahu tentan dunia teknik SEO, ya harus ikut kelas berikutnya,” Eky memberikan infromasi kelas sesi 2.
Diakhir sesi kelas menulis blogging yang dibalut diskusi nuansa santai itu, Eky sangat mengharapkan semuanya menulis hal-hal yang mudah dulu bagi pemula dan ini agar konsisten dalam menulis.
Successful blogging is not about one time hits. It’s about building a loyal following  over time,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Kata Saya

"Jabatan hanya persoalan struktural. Persahabatan selamanya."